Cara Agar Anak Gemuk Sehat dan Cerdas

Berat badan merupakan tolak ukur perkembangan pertumbuhan anak disamping tinggi badan. Berat badan ideal anak memiliki range atau rentang yang berbeda pada tingkat umur atau usianya. Untuk berat badan ideal di Indonesia menggunkan parameter dari Departemen Kesehatan.Namun tolak ukur pertumbuhan anak juga terletak pada kecerdasan yang dimiliki anak. Kecerdasan anak dipengaruhi banyak faktor, mulai dari pemeberian makanan yang tepat, perhatian orang tua, lingkungan dan faktor-faktor lainnya. Ketika anak berhasil memiliki kecerdasan dan kesehatan yang baik adakalanya orang tua mengapresiasi proses pertumbuhan sang anak dengan cara memberikan hadiah pada anak, anak anak kadang tertarik dan suka dengan baju-baju yang mereka kenakan sehari hari. Maka orang tua dapat mengajak anak pergi ke pusat grosir baju anak. Maka disini akan dipaparkan cara dan tips agar anak gemuk sehat dan cerdas.

 

Pedoman dan Suplemen Makanan Agar Anak Gemuk Sehat dan Cerdas

Untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan anak agar anak gemuk sehat dan cerdas salah satunya adalah memberikan suplemen makan. Suplemen makanan ini diperikan pada anak sesuai pedoman dan aturan agar anak tumbuh dan berkembang dengan porsi yang tepat. Suplemen yang membantu pembentukan kecerdasan otak anak akan dipaparkan disini.

  1. Berikan anak ikan salmon. Ikan salmon merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan omega3, DHA, EPA, jika ikan salmon agak mahal anda dapat memberikan alternatif yaitu ikan tuna, kepiting, kerapu, kepiting atau lobster.
  2. Telur ayam. Kuning telur ayam mengandung kolin yang dapat membantu daya ingat otak pada anak. Segala jenis telur ayam ini dapat dikonsumi oleh ayam.
  3. Gandum murni yang mengandung glukosa, serat dan vitamin B dapat menjaga saraf otak anak.
  4. Susu dan Yogurt akan memeberikan asumsi protein yang baik bagi anak.
  5. Daging sapi tanpa lemak mengandung protein yang tinggi untuk membantu daya ingat pada anak.

Pedoman makan yang dapat diberikan pada anak berbeda dari orang dewasa para orang tua bisa mempertimbangkan pedoman yang akan diulas dibawah ini

  1. Memacu rasa lapar, pada waktu 3 sampai 4 jam dan tidak memberikan cemilan pada anak seperti susu atau jus diantar ajam makan anak.
  2. Makan dalam porsi yang kecil agar anak tidak bosan dengan makanan yang disajikan
  3. Menjaga anak tetap di kursi makan sampai selesai makan
  4. Waktu makan sebaiknya tidak lebih dari 30 menit. Karena tinggkat konsentrasi atau fokus anak sangat terbatas
  5. Tidak memuji ataupun mengkritik tentang jumlah makanan atau porsi makan anak
  6. Tidak ada mainan atau tayangan telefisi yang dapat mengalihkan perhatian anak ketika makan.
  7. Makanan tidak dianjurkan digunakan sebagai hadiah atau apresiasai pada anak
  8. Anak tidak boleh mempermainkan makanan melempar alat makan atau makanan itu sendiri

 

Tips Pengemukan Agar Anak Gemuk Sehat dan cerdas

 

Tips dan ulasan diatas mungkin dapat membantu anda dalam mengembangkan kecerdasan otak anak. Selanjutkan akan diulas menggemukan badan anak agar anak gemuk sehat dan cerdas.

  1. Cari tahu penyebab kenapa anak agak kurus atau tidak gemuk, apakah anak sakit atau memang karena asupan gizi yang kurang. Jika anak kurus karena sakit maka langkah pertama anak harus sembuh dulu dari sakitnya. Kadang setelah sehat kembali nafsu makan anak akan kembali normal lagi.
  2. Asupan gizi yang seimbang. Anak perlu diberi asupan gizi yang seimbang untuk pemacu pertumbuhannya. Asuapan gizi yang dibutuhkan setiap anak berbeda beda. Jika anak yang aktif setiap harinya anda bisa memberikan asupan gizi yang lebih banyak dari porsi biasa namun tidak berlebihan.
  3. Aturlah jadwal makan anak. Perut anak akan kosong pada waktu 3 sampai 4 jam, maka pemeberian makan pada anak biasanya 7x sehari. 3x makan berat yang lainnya bisa cemilan atau susu.
  4. Berikan nutrisi pendamping bagi anak. Seperti susu bernutrisi atau minyak ikan untuk menambah nafsu makan dan juga kecerdasan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *