Mengenal Pengertian Desain Baju

Pakaian atau baju termasuk dalam salah satu kebutuhan pokok manusia di samping makanan dan juga tempat tinggal. Model baju terutama sekarang ini sangat beragam dan berbeda untuk laki-laki serta perempuan. Bisnis fashion juga termasuk dalam bisnis yang takkan pernah mati karena tiap manusia pasti membutuhkannya. Bukan hanya bisnis jual beli baju namun juga desain baju. Secara etimologi atau asal kata, desain berasal dari kata dalam bahasa Inggris yaitu design yang berarti rancangan. Desain ialah perencanaan dari sebuah objek, sistem, struktur atau komponen. Desain terutama dikenakan pada bentuk dari sebuah rencana serta dapat berupa gambar, model ataupun deskripsi. Desain bisa diartikan sebagai konsep akan sesuatu. Dari kata desain akan muncul pengertian mencipta, merancang serta memikir. Dari kata kerja, desain berarti proses perencanaan bentuk supaya benda yang dirancang bisa memiliki fungsi ataupun berguna serta memiliki nilai keindahan.

Pengertian Desain Baju

Busana atau baju sendiri bersal dari Bahasa Sansekerta bhusana yang artinya pakaian. Pengertian busana serta pakaian sendiri memiliki sedikit perbedaan, di mana busana lebih mengarah pada pakaian yang indah, serasi atau harmonis sehingga enak dipandang. Busana dalam artian luas ialah segala sesuatu yang dipakai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Desain baju ialah salah satu pola dasar yang akan membedakan satu baju dengan baju lainnya. Mendesain baju terutama bisa jadi bisnis yang ditekuni oleh seseorang yang memang memiliki latar belakang pendidikan, kecakapan serta minat pada bidang desain sehingga bisa menuangkan ide-ide kreatif dalam bentuk desain pakaian. Walau hanya sebuah desain, namun jangan remehkan keuntungan yang bisa didapat. Terutama karena penggila desain yang unik akan lebih memesan baju yang berbeda dari yang lain serta memiliki keunikan tersendiri. Pembuatan desain sebuah pakaian takkan bisa dilepaskan dari desain grafis terutama apabila kita hendak membuat desain yang beda dari yang lain. Pemanfaatkan teknologi seperti software editing di komputer akan mendukung kemampuan serta kreativitas kita dalam menciptakan desain tertentu. Walau demikian, bukan berarti kita harus paham seputar grafis sebelum bisa mendesain sebuah pakaian. Adanya grafis komputer hanya sebagai media pembantu saja.

 

Desain Baju dan Macam-macamnya

Dilihat secara garis besar, terdapat macam-macam desain baju yang biasa dirancang serta tersedia di pasaran. Pertama ada busana mutlak yaitu busana yang pasti dikenakan tiap hari. Termasuk di antaranya adalah kaos, celana, rok, kebaya, blus, jaket serta pakaian dalam. Kedua adalah milineris, yaitu pelengkap busana dan bermanfaat sebagai pelengkap busana mutlak dan memiliki nilai guna di samping untuk penghias pula. Termasuk dalam milineris ini ialah sepatu, topi, tas, kacamata, selendang dan lain-lain. Terakhir ada aksesoris yaitu pelengkap busana serta sifatnya hanya sebagai penambah keindahan saja. Termasuk dalam aksesoris ialah cincin, kalung, gelang dan lain-lain. Dari pengertian serta contoh-contoh di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa desain busana ialah rancangan busana sebelum busana itu dibuat. Sebelum menjadi busana siap pakai, harus ada desain terlebih dahulu. Desain ini juga harus sesuai dengan keadaan si pemakai terutama dari segi ukuran. Tujuannya terutama agar busana dapat semakin nyaman saat digunakan dan tampak serasi untuk si pemakai. Yang tak kalah pentingnya adalah busana dapat menutupi kekurangan si pemakai sehingga membuatnya semakin merasa percaya diri akan bentuk tubuh masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *