Keuntungan Memilih Persiapan Operasi Caesar Kedua

Persiapan operasi caesar kedua dianggap sebagai metode yang paling aman untuk bayi dan ibu. Kondisi ini berhubungan dengan masalah kesehatan atau riwayat ibu selama hamil sebelumnya hingga persalinan.Operasi caesar kedua bisa membantu ibu memiliki rencana persalinan yang lebih baik. Hal ini berkaitan dengan masalah mental ibu hamil yang akan melahirkan. Termasuk jika ibu masih harus merawat anak pertama yang masih sangat muda.Operasi caesar kedua yang sudah dibicarakan dengan dokter akan membantu ibu kuat saat persalinan, terutama untuk mengatasi rasa takut selama persalinan. Hal ini sangat baik untuk membantu ibu tidak stres selama hamil atau menjelang persalinan.Operasi caesar kedua sangat baik untuk mengurangi resiko masalah pecah rahim yang bisa menyebabkan pendarahan. Pecah rahim menjadi kasus yang paling sering dialami oleh ibu hamil yang memilih persalinan normal setelah caesar. (baca: tanda bahaya persalinan). Operasi caesar kedua dianggap lebih minim trauma sehingga ibu hamil akan merasa lebih siap untuk menghadapi persalinan. Operasi caesar kedua dianggap bisa mengurangi resiko pendarahan yang sering muncul pada persalinan normal. Kondisi ini juga sangat baik untuk ibu hamil yang memang menderita berbagai gangguan kehamilan selama hamil. Selama masa perawatan anda harus tetap mengkonsumsi obat operasi caesar untuk membantu pemulihan anda.

Resiko operasi caesar kedua untuk ibu

Meskipun persiapan operasi caesar kedua dianggap sebagai prosedur yang sangat umum, namun operasi ini juga bisa menyebabkan dampak yang serius. Berikut ini adalah beberapa resiko yang terkait dengan operasi caesar kedua.Resiko ibu terkena adhesi. Ini adalah sebuah resiko yang terjadi akibat perkembangan jaringan parut namun terdapat pada bagian dalam organ. Dampak serius dari adhesi adalah organ-organ pada bagian panggul bisa lengket dengan organ lain sehingga masuk ke dalam dinding perut. Kondisi ini bisa menyebabkan ibu merasa lebih sakit. Resiko adhesi akan semakin besar untuk ibu hamil yang pernah melakukan caesar lebih dari satu kali.Resiko pembentukan jaringan parut. Ibu yang pernah mengalami caesar lebih dari satu kali bisa memiliki resiko jaringan parut yang lebih besar. Jaringan parut yang berkembang pada bagian rahim bisa menyebabkan caesar yang kedua lebih sulit. Akibatnya operasi memerlukan waktu yang lebih lama dan terkadang bagian usus dan kandung kemih juga bisa terkena goresan.Resiko bayi terkena luka. Operasi caesar kedua merupakan prosedur yang lebih rumit. Dokter harus membuka jahitan rahim sebelumnya dan terkadang proses ini bisa menyebabkan luka pada bayi. Kondisi ini sangat umum untuk bayi namun biasanya luka tidak terlalu dalam sehingga perawatan yang baik setelah dilahirkan bisa menyembuhkan luka pada bayi.Resiko plasenta previa. Ibu hamil yang pernah mengalami operasi caesar pertama dan akan melakukan operasi caesar kedua juga bisa terkena resiko planseta previa yang bisa menyebabkan janin yang meninggal dalam kandungan. Ini adalah sebuah kondisi yang akan menyebabkan plasenta menutup leher rahim sehingga kemungkinan untuk persalinan selanjutnya juga akan dilakukan secara caesar. Resiko pendarahan akibat plasenta akreta. Caesar kedua juga bisa menyebabkan ibu terkena resiko plasenta akreta. Kondisi ini bisa menyebabkan pendarahan akibat plasenta yang terlalu melekat pada bagian dinding rahim. Kondisi ini sangat berbahaya untuk ibu dan bayi sehingga prosedur sebaiknya dilakukan oleh ahli medis yang sudah berpengalaman.Bayi yang dilahirkan dari operasi caesar kedua juga sangat rentan dengan masalah pernafasan. Kondisi ini sangat sering terjadi pada bayi sehingga bayi membutuhkan perawatan yang lebih intensif hingga bayi bisa bernafas dengan baik.

Persiapan operasi caesar kedua untuk melahirkan

Pastikan ibu dan suami menemukan dokter yang bisa membantu selama kehamilan hingga persalinan. Rencana persiapan operasi caesar kedua juga harus dilakukan dengan dokter, sehingga dokter mengetahui status kesehatan ibu dan riwayat kehamilan ibu sebelumnya.Usahakan untuk selalu berpikir positif selama menjelang persalinan. Ibu bisa mencoba mengurangi stres dengan yoga, senam hamil atau banyak bertanya kepada ibu yang pernah melakukan operasi caesar kedua.Ibu harus menjaga kesehatan tubuh selama menjelang persalinan. Ini sangat penting untuk membantu ibu memiliki daya tahan tubuh terbaik menjelang operasi. Hindari banyak berpikir dan tertekan yang bisa menyebabkan ibu kurang tidur sehingga tubuh menjadi lebih lemah.Siapkan berbagai pakaian untuk ibu dan bayi selama di rumah sakit. Sebaiknya semua kebutuhan telah dimasukkan ke dalam tas sehingga ketika harus melakukan operasi mendadak atau darurat maka sudah siap. Ibu hamil dengan operasi caesar kedua biasanya akan tinggal di rumah sakit mulai dari 3 sampai 5 hari, sehingga ibu bisa menyiapkan pakaian yang cukup.Setelah ibu masuk rumah sakit untuk bersiap melakukan operasi caesar kedua maka ibu harus menjalani cek laboratorium. Pemeriksaan darah, urin dan lainnya sangat penting untuk mengetahui kesehatan ibu. Ibu biasanya diminta untuk berpuasa dalam waktu tertentu sebagai prosedur yang sangat penting untuk operasi. Hingga akhirnya ibu dibawa keruang operasi untuk mendapatkan prosedur. Pembicaraan mengenai anestesi akan dilakukan oleh dokter anestesi sehingga ibu hanya perlu mengikuti semua petunjuk dokter.Ibu bisa menyusui setelah operasi caesar dengan didampingi oleh perawat dan dokter khusus. Sekarang sudah banyak rumah sakit yang melakukan prosedur ini sehingga bayi bisa langsung menerima ASI setelah dilahirkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *